oleh

Manfaatkan Batuan Kearifan Lokal, Sanggar Seni Mallessorang Makin Eksis Menghibur Masyarakat

banner 970x250

SURYATIMUR.ID.BULUKUMBA – Aneka kesenian adalah sebuah suguhan hiburan untuk rakyat yang patut diapresiasi dan pertahankan sebagai sebuah kearifan lokal yang dapat lebih mempererat persatuan dan mempererat tali silaturrahmi.

Sebut saja salah satu Desa Di Bulukumba telah tercipta sebuah sanggar seni bernama Sanggar Seni Mallessorang. Sanggar seni seni ini telah berdiri kisaran puluhan tahun yang lalu Di Desa Gunturu Kecamatan Herlang Kab.Bulukumba.

Sungguh sebuah kreatifitas yang pantas meraih apresiasi, pasalnya dengan sejumlah kreatifitas seni yang dibina dalam sanggar seni ini mendapat pujian dan semakin diminati oleh masyarakat, sebut saja kesenian tari Ganrang Bulo dengan Ganrang Tallu (Gendang Tiga yang telah menjadi kebutuhan hiburan masyarakat saat momen pesta pengantin dan lainnya.

” Alhamdulillah hingga saat ini sanggar seni Mallessorang tetap eksis dan selalu berada di masyarakat untuk menyuguhkan hiburan, kami dan anggota sanggar selalu siap jika dibutuhkan oleh masyarakat,
Ungkap M.Jafar  sebagai Ketua Sanggat Seni Mallessorang.

Alumni SMK Karawitan Gowa  ini lanjut menyatakan bahwa   melalui bantuan penguatan kearifan lokal dari Kementrian Sosial, Sanggar Seni Mallessorang menjaga dan melestarikan kearifan lokal di Kabupaten Bulukumba.
jenis kegiatan yang dilaksanakan Sanggar Seni Mallessorang yaitu Karawitan, Ganrang Bulo dengan Ganrang
Tallu (Gendang Tiga). Selama kegiatan berlangsung yang terlibat dalam kegiatan kesenian dan perekonomian produktif yaitu pengurus Sanggar Seni Mallessorang, para anak-anak yang berpartisipasi dalam kesenian ganrang bulo, para pelaku usaha, serta masyarakat. Ungkap M.Jagar.

Labih lanjut dikatakan, selama adanya kegiatan yang lebih aktif lagi, masayarakat
terhibur oleh suguhan kesenian tari ganrang bulo, ganrang tallu yang ditampilkan dibeberapa acara penting, masyarakat antusisas menanggapinya, terbukti Sanggar Seni Mallessorang
tetap diminati oleh masyarakat.

Kemudian Penguatan ekonomi produktif yang telah dilaksanakan Sanggar Seni Mallessorang juga dapat membantu kelancaran perekonomian Sanggar Seni Mallessorang, baik berupa alat musik, mesin jahit dan beberapa alat yang menunjang pengembangan Sanggar Seni Mallessorang.

Bantuan Penguatan Kearifan Lokal Dalam Rangka Pencegahan Konflik Sosial/ Penyebaran Paham Radikalisme Dan Terorisme Serta
Penguatan Ekonomi Produktif kurangnya sarana dan alat untuk mengembangkan kesenian dan skill baik dari kesenian ganrang bulo, ganrang tallu, mengembangkan keterampilan menjahit dan keterampilan lainya. Dengan adanya bantuan tersebut, sanggar seni mallessorang tetap mengharapkan perhatian dari pemerintah untuk menjaga kebudayaan khususnya di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan

Dengan hadirnya bantuan ini Sanggar Seni Mallessorang sangat terbantu dalam melaksanakan kesenian dan personil kesenian bertambah yang pada awalnya 1 kelompok dan setelah adanya bantuan ini, terbentuklah 3 atau 4 kelompok kesenian, serta dapat terbantu untuk pembuatan baju kesenian dan lainnya. Tutup.M.Jagar.

Laporan : Ardi
Editor     : Asrul

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed