oleh

PTN UT Makassar Silaturrahim Pengurus Daerah Muhammadiyah Soppeng

banner 970x250

SURYATIMUR.ID
SOPPENG – Pengembangan dan pengenalan Universitas Terbuka (UT) Makassar sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 belakangan ini gencar bersilaturrahmi bersosialisasi membuka ruang kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Seperti dilakukan pada Senin 15 Nopember 2021 menjalin silaturrahim dengan para Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Soppeng di sekretariat PDM Soppeng di Kota Watansoppeng.

Pada acara silaturrahim dan sosialisasi tersebut Direktur UT Makassar Drs.Hasanuddin, M.Si, didampingi, Prof Dr H. Abdul Rahman Rahim, SE, MM dan Drs.Subirman Musa, M.Hum Dosen UT Makassar dan PJ Rayon Kabupaten Wajo, Soppeng, Bone dan Enrekang.

Pada silaturrahim itu diterima oleh Ketua PDM Soppeng, Drs. H. Kasniadi, M.Pd serta para pengurus Muhammadiyah Soppeng lainnya, Dr. H. Djamaluddin, S.Sos, M. Pd, Drs. Suloparma juga pengurus Aisyiyah Soppeng dan para guru-guru Muhammadiyah

H. Kasniadi pada kesempatan itu menyambut baik silaturrahim dengan UT Makassar dan merespon positif rencana merintis kerjasama antara PDM Soppeng dan UT Makassar.

Direktur UT Makassar Hasanuddin pada kesempatan itu menjelaskan, UT adalah PTN ke-45 menyelenggarakan pendidikan melalui sistem terbuka dan jarak jauh. UT ini diresmikan 1984 berdasar Kepres No. 41 tahun 1984.

Terbuka bermakna setiap orang dapat belajar di UT dengan kapasitas yang dimiliki serta mengandung arti adanya kegiatan belajar mengajar yang tidak dibatasi ruang dan waktu.

Jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara yang belajar dan mengajar. Jarak ini dijembatani dengan media belajar khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh.

Pada kesempatan itu dijelaskan juga keunggulan UT termasuk kampus tanpa batasan, waktu kuliah yang fleksibel, mandiri lewat teknologi, kualitas terjamin dan terakreditasi, biaya terjangkau, bebas biaya bangunan dan uang pangkal, tidak pandang usia dan lulusan tahun berapa.

Dijelaskan, UT mengelola empat fakultas yakni; Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Jenjang prodi mulai dari Diploma, S1, S2 dan S3. Program pascasarjana magister dibuka sejak 2004 dan sejak 2019 membuka program S3 untuk prodi Doktor Ilmu Administrasi Publik dan Doktor Ilmu Manajemen.

Adapun program S2 yang dikelola UT adalah; Magister Administrasi Publik; Magister Manajemen Keuangan; Magister Manajemen Pemasaran, Magister Manajemen SDM, Magister Manajemen Perikanan, Magister Studi Lingkungan.

Magister Pendidikan Bahasa Inggeris, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Dasar, Magister Manajemen Pendidikan.

Guru SMP Muhammadiyah Watansoppeng, Arafah, S.Pd salah seorang peserta sosialisasi menegaskan, prospek UT bagi masyarakat Soppeng cukup besar peluang apalagi UT adalah salah satu PTN, ungkap alumni D2 1988 dan D3 1998 UT Makassar ini.

Kuliah di UT sangat membantu dalam kenaikan pangkat dan sangat bermanfaat pada penyesuaian pangkat jabatan dalam meniti karier selaku guru SD.

Demikian Humas UT Makassar, Nina Utami, memberitakan.

Editor : Fakhruddin / Asrul.

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed