oleh

Serahkan Bantuan Benih Jagung, Bupati Bantaeng: “Pastikan Bantuan Tersebar Secara Merata”

banner 970x250

SURYATIMUR.ID.BANTAENG – Pemerintah Kabupaten Bantaeng, melalui Dinas Pertanian baru saja menyerahkan Bantuan Benih Jagung secara simbolis kepada para kelompok tani di Kec. Eremerasa. Bantuan benih diserahkan langsung oleh Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin di Aula Kantor Desa Mappilawing, Kec. Eremerasa, Kab. Bantaeng, Kamis (2/9).

Kepala Dinas Pertanian, Budi Taufik dalam laporannya mengatakan bahwa terkait pertanaman di Kab. Bantaeng pada umumnya digunakan atau diterapkan pola tanam padi-padi palawija dengan indeks pertanaman rata-rata 300 %. Salah satu faktor yang sangat memegang peran penting produksi yaitu ketersediaan benih, tidak hanya sekedar tersedia tetapi juga menjamin benih yang baik, bermutu dan berkualitas sebagai cikal bakal yang baik.

“Fasilitasi bantuan benih untuk musim tanam ini sekitar 6.304 hektar untuk jagung dengan total 95 ton kebutuhan benih dan tersebar di 8 kecamatan di Kab. Bantaeng dengan 332 kelompok tani. Khusus di Kec. Eremerasa untuk bantuan benih jagung taralokasi sekitar 11 ton atau 11.040 kg dengan luas lahan 736 hektar dengan jumlah sebanyak 40 kelompok tani”, ujarnya Budi

Sementara itu Bupati Bantaeng dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah pencerminan dari komitmen pemerintah yang senantiasa ingin melihat bahwa sektor pertanian tetap menjadi penopang pembangunan masyarakat khususnya di tengah pandemi saat ini.

“Pertanian menjadi satu-satunya sektor yang dapat bertahan dari dampak pandemi. Saya harap produktivitas ini senantiasa terjaga dan bisa berjalan dengan baik. Dan Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah percepatan pemberian bantuan benih pada setiap musim tanam yang dibutuhkan”, kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menegaskan agar Dinas Pertanian memastikan pemberian bantuan benih jagung ini dilakukan secara merata di seluruh Desa yang tersebar di 8 Kecamatan. “Pastikan bantuan benih tersebar secara merata. Pemerintah mencoba memanfaatkan segala sumber dukungan baik dari APBD Kabupaten, Provinsi maupun APBN karena pertanian adalah sektor yang bisa menjaga pertumbuhan pergerakan ekonomi di Kab. Bantaeng. Dan sektor pangan adalah sektor yang harus mendapat perhatian penuh khususnya di tengah pandemi”, tutup Bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Camat Eremerasa, H. Suyadi, Kepala Desa Mappilawing, Muh. Asri, serta para perwakilan Kelompok Tani se-Kecamatan Eremerasa.

Laporan : Borahima

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed