Psikoedukasi Self Boundaries Tingkatkan Batasan Diri Siswa SMA KARTIKA XX-1 Makassar

Pendidikan80 Dilihat
banner 468x60

SURYATIMUR.ID.MAKASSAR – Tim Asistensi Mengajar Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan psikoedukasi bertema “Psikoedukasi Self Boundaries sebagai Upaya Peningkatan Batasan Diri pada Siswa” di SMA KARTIKA XX-1 Makassar pada Rabu (30/4).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya mengenali dan menetapkan batasan diri dalam hubungan sosial sehari-hari.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, termasuk pemaparan materi, dan tanya jawab peserta. Para peserta diajak untuk lebih memahami konsep self boundaries dan bagaimana cara menetapkan batasan yang sehat dalam berinteraksi dengan orang lain. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan siswa dapat menjaga kesejahteraan emosional dan membangun hubungan sosial yang lebih positif.

Sebelum materi diberikan, peserta mengikuti pre-test untuk mengukur tingkat pemahaman mereka mengenai batasan diri. Setelah itu, mereka diajak untuk mendiskusikan dan mempraktikkan berbagai teknik dalam mengenali serta mengelola batasan diri, yang diakhiri dengan post-test untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman mereka setelah mengikuti kegiatan.

Andi Fauziah, perwakilan tim pelaksana, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi siswa dalam kehidupan mereka sehari-hari. “Kami berharap materi yang kami berikan tidak hanya berguna dalam konteks sekolah, tetapi juga dapat diterapkan dalam interaksi sosial mereka di luar sekolah. Menetapkan batasan diri yang sehat sangat penting untuk membangun hubungan yang saling menghargai,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi program MBKM, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi langsung dari mahasiswa kepada dunia pendidikan. Selain itu, kegiatan seperti ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dalam konteks praktis, membantu siswa dalam mengembangkan potensi diri mereka lebih baik lagi. (*)

Laporan : Asrul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *