oleh

Hadiri Acara Launcing  ‘ASSIAMA PRESISI’ Pj.Bupati Bantaeng Apresiasi Program Kapolri

-Berita-1 views
banner 468x60

SURYATIMUR.ID.BANTAENG – Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, sangat mengapresiasi upaya Kapolres AKBP Edward Jacky Tofani Umbu Kaledi dalam menginisiasi kegiatan Assiama.

Menurutnya, Assiama merupakan kearifan lokal yang dipadukan dengan program nasional Kapolri, yakni Presisi Polri sehingga melebur menjadi Assiama Presisi.

banner 336x280

Hal ini diungkapkan pada acara launching Assiama di Aula Endra Dharmalaksana 99 Mapolres Bantaeng, Senin (18/3/2024).

Menurut Pj Bupati, ungkapan Assiama ini bersenyawa dengan Sipakainga (saling mengingatkan), Sipakalebbi (Saling menghormati), Siruik Menre’ Tassiruik No (saling mendukung, tidak saling menjatuhkan).

Termasuk sikap Mabbulo Sipeppa (Bugis) atau Mabbulo Sibatang (Makassar) yang bermakna mengedepankan persatuan demi menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Sementara itu, Kapolres Bantaeng mengungkapkan latarbelakang mengerucutnya Assiama Presisi ini. Kata dia, ketika pertama bertugas dan berkeliling menemui masyarakat, dia diperhadapkan kepada masalah komunikasi.

Dikatakannya, setelah memasuki masa kerjanya hang ke-70 hari sebagai Kapolres, dia berharap ada bentuk produk nyata, bukan rencana.

Dia mengakui, selama kunjungannya ke masyarakat terjadi benturan komunikasi. Dari sinilah, kata jebolan Akpol 2004 ini, muncullah kata Assiama. Dia berharap, melalui Assiama ini, polisi dan masyarakat bisa menyatu.

Dijelaskannya, Assiama bukan program Polres tapi merupakan kegiatan kepolisian dalam kerangka menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres menyadari bahwa, polisi tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan kondusifitas Kamtibmas. Artinya, perlu ada kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Dalam meramu Assiama ini, Kapolres melibatkan budayawan lokal Bantaeng, Dion Syaif Sein, aktivis LSM, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Launching Assiama yang dirangkaikan buka puasa bersama, ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Pj Bupati Bantaeng, dihadiri Ketua Pengadilan Negeri, unsur Forkopimda, beberapa Jaksa dari Kejaksaan Tinggi Sulsel, Ketua MUI, Pimpinan NU dan Muhammadiyah, Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, Kepala OPD lingkup Pemda Bantaeng, serta seluruh pejabat dan anggota lingkup Polres Bantaeng.( humas)

Laporan : Borahima

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *